Registrasi adalah proses administrasi akademik yang ditujukan untuk mengesahkan rencana studi mahasiswa pada setiap awal semester. Tanpa dilakukan registrasi, maka rencana studi mahasiswa tidak dapat dicatat secara sah dan diakomodasikan sebagai bagian dalam penyelenggaraan perkuliahan pada program studi, sejak dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi / ujian dan penilaian.
Registrasi hanya dapat dilakukan apabila mahasiswa telah melaksanakan kewajiban pembayaran biaya pendidikan dan telah mendapatkan persetujuan rencana studinya pada semester yang akan berjalan.

Persyaratan dan Pengambilan Mata Kuliah dan Registrasi

  1. Bebas administrasi perpustakaan IT Telkom.
    1. Tidak mempunyai tunggakan biaya pendidikan semester sebelumnya.
    2. Telah membayar biaya pendidikan semester yang akan berlangsung (untuk mahasiswa yang pembayaran biaya pendidikan secara paket).

Layanan Pembayaran Biaya Kuliah

Download :

Cara Pembayaran : BNI Mandiri
ATM  ATM-BNI  ATM-Mandiri
Internet Banking  iBanking-BNI  ibanking-Mandiri
Teller  Teller-BNI  Teller-Mandiri

Bukti pembayaran berisi informasi TOKEN berupa alphanumeric dengan panjang karakter 10 digit disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah dari  Bank, kemudian segera lakukan input TOKEN pada i-Gracias 

Validasi Registrasi

Validasi registrasi merupakan salah satu langkah dalam proses registrasi. Validasi Registrasi yaitu mencocokkan jumlah tagihan yang harus disetorkan oleh  mahasiswa melalui bank rujukan institusi dengan jumlah tagihan sesuai yang tertera pada data software registrasi. Validasi Registrasi meliputi:

  1. Registrasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
  2. Registrasi Reguler
  3. Perubahan Rencana Studi (PRS)

Bagi mahasiswa paket, maka validasi registrasi tidak diperlukan lagi selama mahasiswa melakukan registrasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Validasi dilakukan dengan cara input TOKEN, sesuai nomor yang tercantum pada bukti pembayaran berisi informasi TOKEN berupa alphanumeric dengan panjang karakter 10 digit.

Bila ada ketidakjelasan nomer TOKEN, gagal input token, silahkan menghubungi Bagian Keuangan langsung atau melalui nomor telepon : 022 7564108 ext 2062/2032.

Bagi mahasiswa non paket, atau jika proses Online Multi Payment tidak berhasil, maka pembayaran dilaksanakan secara tunai atau dengan cara transfer kepada:

 Bank Mandiri Cabang Martadinata Bandung

Rekening No. 131.0092021320 a. n. YPT/IT Telkom

Bukti pembayaran dilengkapi dengan mencantumkan NIM, Nama, dan Semester yang diambil.  Selanjutnya bukti transfer/bukti setor dikirimkan atau difax ke IT Telkom u.p. Manajer Keuangan di nomor 022. 7562721 pada masa registrasi. Apabila proses pembayaran sudah terverifikasi, selanjutnya mahasiswa dapat menginput Matakuliah dengan mengikuti prosedur layanan pengambilan/input Matakuliah online.

Prosedur Layanan Pengambilan/Input Matakuliah Online

  1. Pengambilan/input Matakuliah dapat dilakukan secara online melalui internet atau intranet melalui menu I-GRACIAS pada website  http://academic.ittelkom.ac.id;
  2. Mahasiswa mengisikan username, password dan token;
  3. Klik login, lihat dan perhatikan alur registrasi pada menu beranda
  4. Sebelum melakukan registrasi, mahasiswa harus mengisi kuesioner terlebih dahulu. Pilih menu kuesioner pada home dashboard, kemudian pilih Questionnaire, lakukan pengisian dari Part 1 hingga Part 3 kemudian submit satu per satu berdasarkan Part.
  5. Lihat pada layar monitor dan perhatikan tentang:
  6. tabel kiri berisi matakuliah yang akan diambil pada semester yang akan berlangsung, dan tabel kanan berisi matakuliah yang ditawarkan pada semester yang akan berlangsung;
  7. matakuliah yang diambil sesuai ketentuan dan yang diinginkan termasuk matakuliah bersyarat (pre-requisite) maupun matakuliah pendampingnya (co-requisite);
  8. kelas mahasiswa;
  9. indeks prestasi semester;
  10. maksimum jumlah SKS yang diambil;
  11. jadwal kuliah;
    1. Apabila mahasiswa akan memperbaiki matakuliah yang belum lulus/mengambil matakuliah semester atas/matakuliah pilihan, mahasiswa harus mengetahui di tahun berapa matakuliah itu ditawarkan (tahun ke-1, ke-2, ke-3, atau ke-4), kemudian pilih kelas yang dikehendaki dan klik “Tambah”, maka akan masuk ke kelas pilihannya. Bila ada matakuliah yang sudah diinput ingin dibatalkan, maka klik “Hapus”
    2. Cek kembali apakah matakuliah yang diambil sudah sesuai dengan kemampuan, SKS, dan IPK mahasiswa.  Bila tidak klik tombol batalkan dan ulangi lagi mulai butir 6;
    3. Mahasiswa dapat mengirim pesan kepada Dosen Wali dengan klik tombol “Kirim Pesan ke Dosen Wali”;
    4. Cek kembali apakah matakuliah dan sks yang diambil sudah sesuai serta tidak ada bentrok jadwal kuliah, bila belum ulangi kembali proses sebelumnya, dan bila sudah yakin, maka registrasi yang dilakukan siap diajukan ke Dosen Wali untuk disetujui yaitu dengan cara klik “Siap ACC” dan lanjutkan proses berikutnya.

10. Klik tombol log out  apabila mahasiswa telah selesai melaksanakan input matakuliah;

11. KSM dapat dicetak setelah mendapat ACC dari Dosen Wali, melalui menu Registration– Study Card Data.

Persetujuan Pengambilan Matakuliah Melalui Perwalian

Perwalian dilaksanakan apabila mahasiswa telah menginput Matakuliah sesuai pilihannya dan  mendapat persetujuan dosen wali baik secara online ataupun tidak. Setelah disetujui dosen wali, mahasiswa tidak dapat menambah/membatalkan Matakuliah. Pembatalan Matakuliah akan dilaksanakan pada jadwal pelaksanaan Perubahan Rencana Studi (PRS).

 

Pencetakan KSM

Mahasiswa wajib memiliki KSM (Kartu Studi Mahasiswa) sebagai bukti telah selesai melaksanakan registrasi.  Nama mahasiswa tidak akan tercantum dalam daftar hadir kuliah dan kartu ujian apabila tidak mencetak KSM. Pencetakan KSM dilaksanakan secara online setelah perwalian disetujui oleh Dosen Wali dan telah menyelesaikan proses pembayaran registrasi sesuai jadwal registrasi mahasiswa. Mahasiswa yang terlambat melakukan pencetakan KSM akan dikenakan sanksi berupa denda sesuai peraturan yang berlaku. Mahasiswa dapat mencetak KSM berulang secara online.

Sanksi Terhadap Mahasiswa yang Tidak Registrasi

Mahasiswa tidak registrasi adalah mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran diri kembali sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Proses pendaftaran ulang hanya dilakukan pada periode tertentu seperti yang dicantumkan pada jadwal kegiatan Akademik IT Telkom.

Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang hingga selesai/tuntas, berarti yang bersangkutan bukan mahasiswa IT Telkom lagi, dengan demikian akan diperlakukan sebagai anggota masyarakat umum lainnya.

Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang selama satu semester, bila pada semester berikutnya yang bersangkutan mendaftar kembali:

  • Harus mengajukan permohonan dan menyerahkan Surat Rekomendasi dari Dosen Wali yang diperkuat oleh Ketua Program Studi yang ditujukan kepada Wakil Rektor I Bidang Akdemik dan Kemahasiswaan.
  • Permohonan dapat disetujui / ditolak oleh Wakil Rektor I berdasarkan dapat atau tidaknya diterima alasan mangkir dan kemungkinan masih dapat diselesaikannya beban studi tersisa dalam rentang masa studi tersisa.
  • Bila permohonan diterima, status kemahasiswaan yang bersangkutan adalah Mahasiswa Percobaan satu Semester dengan syarat:

1).     Jumlah SKS yang diambil maksimum 20 SKS;

2).     IPS yang harus dicapai minimum sama dengan 2,00.

Bila setelah berjalan satu semester seperti dimaksud pada butir 3c:

1).     Dipenuhi: status kemahasiswaan akan diubah (pada semester berikutnya) menjadi mahasiswa biasa;

2).     Tidak Dipenuhi: status kemahasiswaan gugur dan tidak dapat menjadi mahasiswa IT Telkom lagi.

Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang selama dua semester berturut-turut, bila pada semester berikutnya yang bersangkutan mendaftarkan kembali:

  • Harus mengajukan permohonan yang dilengkapi dengan Surat Rekomendasi dari Dosen Wali yang dikukuhkan oleh Ketua Program Studi yang ditujukan kepada Rektor IT Telkom.
  • Permohonan dapat disetujui / ditolak oleh Rektor IT Telkom.
  • Bila permohonan diterima, status kemahasiswaan yang bersangkutan adalah mahasiswa Percobaan Dua Semester dengan syarat:

1).      Jumlah SKS yang diambil maksimum 20 SKS.

2).      beban SKS nominal semester atau sisa SKS kurikulum yang masih harus diselesaikan.

3).      IPS semester pertama masa percobaan kurang dari 2,00, maka tidak lagi diperkenankan melanjutkan studi di IT  Telkom, dan bila berhasil maka semester percobaan kedua masih harus tetap ditempuh dengan status percobaan.

4).      status percobaan baru akan berubah menjadi mahasiswa biasa bila IPK kedua semester percobaan di atas berhasil dengan nilai tidak kurang dari 2,00.

Batas lama waktu studi bagi mahasiswa yang tidak mendaftar ulang dua semester tidak berubah, terhitung mulai pertama sekali terdaftar di IT Telkom.

Bagi Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang selama dua semester berturut-turut dan tidak mengajukan permohonan untuk mendaftarkan kembali sampai batas waktu Perubahan Rencana Studi (PRS) semester berikutnya, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri dari IT Telkom.